Magang Merdeka Program Studi Agroteknologi di Jepang

Boyolali, 30 Juni 2024

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) saat ini semakin digemari oleh mahasiswa, karena dalam hal ini mahasiswa memiliki kesempatan untuk memperluas pengalaman dan memperkaya diri dengan berbagai ilmu pengetahun dan teknologi aplikatif, yaitu yang relevan dengan program studi yang sedang ditempuh maupun yang berbeda konsentrasi dengan bidang studi. Sebagai Program Studi yang berkualifikasi Nasional, Program Studi Agroteknologi Universitas Boyolali memiliki komitmen untuk selalu mengembangkan Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) MBKM yang mampu mewadahi mahasiswa untuk berkegiatan di luar kampus.

Di Periode Semester Genap 2023/2024 Program Studi Agroteknologi Universitas Boyolali mengirimkan salah satu mahasiswa (Damar Nur Cahyo) untuk mengikuti program Magang Merdeka yang dilaksakan di Jepang tepatnya di Season.Co.Ltd. Magang Merdeka merupakan salah satu BKP MBKM Mandiri yang diselenggarakan oleh Program Studi Agroteknologi.

Damar melaksanakan kegiatan Magang Mandiri dimulai tanggal 29 Mei 2024 dan akan dilaksanakan selama 2 semester atau setara dengan 40 sks. Dalam laporannya ke program studi, Damar menceritakan bahwa setiap hari melakukan kegiatan magang dimulai pukul 06.00 dan berkahir pukul 16.00. Beberapa kegiatan yang dilaksanakan antara lain pemanenan, pemangkasan, penyemprotan (pemupukan dan pengendalian hama) penyortiran dan pengemasan.

Damar sedang Melakukan Kegiatan Panen Cabai Manganji

Cabai Manganji: Cabai Lokal Jepang

Banyak sekali manfaat yang telah dirasakan Damar selama menjalani kegiatan Magang Merdeka seperti kemampuan untuk Berbahasa Jepang, menambah pengalaman, dan pengetahuan dalam praktek pertanian di Jepang serta belajar budaya hidup di Jepang. Disamping itu berada di Negeri Sakura ini juga tidak terlepas dari ketrampilan untuk menghadapi dan mengatasi tantangan yang ada, seperti harus memiliki mental yang kuat dan beristirahat dengan waktu yang relatif sempit. Hidup di Jepang harus tepat waktu, disiplin dalam segala hal serta menjaga kebersihan.

Damar menyampaikan bahwa manfaat yang sedang dan kelak akan dirasakan adalah lebih banyak daripada beberapa tantangan yang harus dihadapi, sehingga Damar berharap kegiatan Magang Mandiri di Jepang dapat berjalan secara berkelanjutan dan diikuti oleh adek-adek tingkat berikutnya. Mahasiswa Agroteknologi yang berani menembus zona nyaman, kelak akan berkontribusi besar dalam membesarkan Prodi Agroteknologi di Masyarakat Luas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *